Wednesday, January 4, 2012

UAS TEKNOLOGI INFORMASI

PENERAPAN SELEKSI FAMILI F3 PADA IKAN NILA HITAM (Oreochromis niloticus)
Implementation of F3 Family Selection on Black Tilapia (Oreochromis niloticus)
Oleh : Tristiana Yuniarti, Sofi Hanif, dan Dian Hardiantho

Metode Seleksi Famili telah digunakan sebagai satu metode efektif untuk mendapatkan strain induk nila yang lebih unggul. Proses seleksi masih perlu dilanjutkan untuk memperoleh generasi yang lebih unggul. Mutu genetis yang tidak memenuhi syarat pada induk ikan nila menjadi masalah yang akan terus berlangsung bila tidak ada upaya perbaikan. Ikan nila secara biologis memiliki hereditas yang rendah dibandingkan dengan ikan  tawar lainnya.  Para pembenih ikan nila lebih memilih induk hasil pemuliaan dari luar negeri, yang harganya sangat mahal serta sulit memenuhi prosedurnya karena memerlukan persyaratan lisensi/sertifikasi produsen induk, yang juga pada gilirannya akan menyita devisa negara. Akibatnya mutu benih yang dihasilkan tidak dapat dijamin keunggulannya secara kontinyu.
Seleksi famili adalah salah satu metode selektif breeding. Adapun pada seleksi famili ada dua pendekatan cara yaitu seleksi antar famili dan seleksi didalam famili. Cara seleksi famili yang digunakan adalah cara seleksi dalam famili (within family selection). Metode ini mengacu kepada Standar Prosedur Operasional Pemuliaan ikan nila yang dibuat oleh Pusat Pengembangan Induk Ikan Nila Nasional tahun 2004. 
Pada proses pemijahan ikan nila masing-masing famili telah berhasil memproduksi generasi baru. Pada famili yang populasinya <500 ekor, semua populasi larva diikutsertakan untuk proses pendederan, sedangkan dari famili yang populasinya >500, hanya diambil 500 ekor secara acak untuk dilanjutkan ke proses pendederan. Seleksi ukuran dilakukan setelah melakukan seleksi jantan dan betina pada masing-masing famili, sehingga setiap satu famili dibagi menjadi dua sub populasi, yaitu sub populasi jantan dan sub populasi betina.
Untuk lebih lengkapnya dapat diklik disini !




No comments:

Post a Comment